Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal dan Jawaban Mengenai Akuntansi Biaya

Soal (Esai) Akuntansi Biaya

1. Apa pengaruh biaya tidak langsung pada analisis profitabilitas produk?

Jawaban: 
Biaya tidak langsung memerlukan alokasi yang benar agar dapat diatribusikan ke produk dengan benar, mempengaruhi hasil analisis profitabilitas.


2. Bagaimana perbedaan antara metode costing tradisional dan metode Activity-Based Costing (ABC)?

Jawaban: 
Metode costing tradisional menggunakan alokasi biaya umum, sementara ABC menggunakan aktivitas sebagai dasar alokasi biaya.


3. Jelaskan konsep relevant cost of capital.

Jawaban: 
Relevant cost of capital adalah tingkat bunga yang digunakan untuk menghitung nilai sekarang dari aliran kas masa depan yang relevan dalam pengambilan keputusan investasi.


4. Apa yang dimaksud dengan biaya tidak langsung pribadi dan bagaimana menghitungnya?

Jawaban: 
Biaya tidak langsung pribadi adalah biaya yang tidak dapat diatribusikan ke suatu departemen atau unit, dan dihitung dengan memperkirakan kontribusinya terhadap biaya overhead.


5. Bagaimana perbedaan antara biaya penyusutan dan amortisasi?

Jawaban: 
Penyusutan berlaku untuk aset fisik, sementara amortisasi berlaku untuk aset tidak fisik seperti hak paten atau goodwill.


6. Jelaskan konsep biaya kehidupan penuh dan biaya paruh kehidupan.

Jawaban: 
Biaya kehidupan penuh mencakup seluruh siklus hidup suatu produk, sementara biaya paruh kehidupan hanya mencakup tahap-tahap tertentu dalam siklus hidup produk.


7. Apa yang dimaksud dengan analisis rentabilitas investasi?

Jawaban: 
Analisis rentabilitas investasi mengukur keberhasilan suatu investasi dengan membandingkan keuntungan bersih yang dihasilkan dengan biaya investasi.


8. Bagaimana peran budget dalam manajemen biaya?

Jawaban: 
Budget adalah rencana keuangan yang digunakan untuk mengendalikan dan mengarahkan kegiatan perusahaan, membantu dalam manajemen biaya dan perencanaan keuangan.


9. Jelaskan perbedaan antara biaya langsung dan biaya tidak langsung per unit.

Jawaban: 
Biaya langsung per unit dapat diatribusikan langsung ke setiap unit produk, sementara biaya tidak langsung per unit memerlukan alokasi.


10. Apa yang dimaksud dengan biaya kuantitas dan biaya kualitas?

Jawaban: 
Biaya kuantitas adalah biaya yang berkaitan dengan jumlah produksi, sementara biaya kualitas berkaitan dengan memastikan produk memenuhi standar kualitas.