Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal dan Jawaban Mengenai Sumber Daya Alam

Soal (Esai) Sumber Daya Alam

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penangkapan ikan berkelanjutan.

Jawaban: 
Penangkapan ikan berkelanjutan adalah praktik penangkapan ikan dengan memperhatikan tingkat reproduksi ikan dan keseimbangan populasi. Ini melibatkan penetapan kuota penangkapan yang memungkinkan ikan untuk berkembang biak dan mempertahankan populasi yang sehat.


2. Mengapa penting untuk mengurangi pembakaran hutan? Berikan beberapa dampak negatif dari pembakaran hutan.

Jawaban: 
Pembakaran hutan dapat menghasilkan emisi gas rumah kaca dan asap yang merugikan lingkungan. Dampak negatifnya meliputi kerusakan habitat bagi flora dan fauna, meningkatnya emisi karbon dioksida, serta menyebabkan polusi udara yang membahayakan kesehatan manusia.


3. Apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak penurunan populasi lebah terhadap sumber daya alam dan pertanian?

Jawaban: 
Untuk mengurangi dampak penurunan populasi lebah, penting untuk mengurangi penggunaan pestisida yang berbahaya bagi lebah, menjaga habitat alami mereka, dan mempromosikan praktik pertanian yang ramah lebah.


4. Jelaskan dampak negatif perambahan hutan terhadap lingkungan dan sumber daya alam.

Jawaban: 
Perambahan hutan mengakibatkan hilangnya habitat alami, penurunan keanekaragaman hayati, erosi tanah, dan perubahan aliran sungai. Ini juga dapat memicu konflik antara manusia dan satwa liar yang kehilangan habitatnya.


5. Bagaimana polusi udara dapat memengaruhi kualitas air? Berikan contoh cara polusi udara dapat masuk ke dalam ekosistem air.

Jawaban: 
Polusi udara dapat mengandung zat kimia yang jatuh ke permukaan bumi melalui hujan asam. Ini dapat mencemari sumber air permukaan dan air tanah, mengganggu kualitas air dan mengancam kehidupan akuatik.


6. Jelaskan bagaimana urbanisasi dapat memengaruhi kualitas lingkungan dan sumber daya alam di daerah perkotaan.

Jawaban: 
Urbanisasi dapat menyebabkan peningkatan limbah domestik dan industri, penurunan kualitas udara akibat polusi, serta penurunan lahan terbuka hijau dan habitat alami. Ini dapat mengganggu sumber daya air dan tanah, serta berkontribusi pada perubahan iklim.


7. Apa peran hewan liar dalam menjaga keseimbangan ekosistem? Berikan contoh dampak positif dari keberadaan hewan liar di suatu ekosistem.

Jawaban: 
Hewan liar memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dengan mengontrol populasi organisme lain dan menyebarkan benih tanaman. Contoh dampak positifnya adalah pemangsa alami seperti serigala yang membantu mengendalikan populasi hewan herbivora yang berlebihan.


8. Mengapa penting untuk menjaga kelestarian hutan hujan tropis? Berikan beberapa alasan.

Jawaban: 
Hutan hujan tropis adalah pusat keanekaragaman hayati dan menghasilkan oksigen yang penting bagi kehidupan. Menjaga kelestariannya membantu mencegah hilangnya spesies, mengurangi emisi karbon dioksida, dan mendukung mata pencaharian masyarakat adat serta populasi lokal.


9. Apa dampak negatif dari aktivitas pertambangan terhadap sumber daya alam dan lingkungan?

Jawaban: 
Aktivitas pertambangan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, seperti pencemaran air dan tanah akibat penggunaan bahan kimia beracun. Tambang juga mengganggu habitat alami, mengakibatkan erosi tanah, dan meningkatkan risiko bencana seperti longsor.


10. Bagaimana pembuangan limbah plastik dapat merusak lingkungan dan sumber daya alam di lautan?

Jawaban: 
Pembuangan limbah plastik ke lautan dapat mencemari air, merusak ekosistem laut, dan mengancam satwa laut. Plastik yang terurai menjadi mikroplastik dapat masuk ke rantai makanan dan berdampak pada organisme laut serta manusia yang mengonsumsinya.


11. Jelaskan konsep "sistem terpadu" dalam pengelolaan sumber daya alam. Berikan contoh penerapan sistem terpadu.

Jawaban: 
Sistem terpadu dalam pengelolaan sumber daya alam berarti mempertimbangkan keterkaitan dan interaksi antara komponen lingkungan dalam pengambilan keputusan. Contoh penerapannya adalah pengelolaan daerah aliran sungai, di mana aspek-aspek seperti penggunaan lahan, kualitas air, dan keanekaragaman hayati dipertimbangkan secara bersama-sama.


12. Bagaimana pola konsumsi manusia dapat memengaruhi eksploitasi sumber daya alam?

Jawaban: 
Pola konsumsi manusia yang berlebihan dan tidak berkelanjutan, seperti konsumsi daging yang tinggi atau pembelian produk berbahan plastik secara berlebihan, dapat mendorong eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya alam dan menghasilkan limbah yang merugikan lingkungan.


13. Mengapa penting untuk mendukung penelitian dan inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam?

Jawaban: 
Penelitian dan inovasi diperlukan untuk mengembangkan solusi baru dalam pengelolaan sumber daya alam, seperti teknologi yang lebih ramah lingkungan, metode pertanian yang berkelanjutan, dan penggunaan energi yang lebih efisien.


14. Jelaskan dampak dari ekstraksi minyak bumi terhadap lingkungan dan sumber daya alam.

Jawaban: 
Ekstraksi minyak bumi dapat mengakibatkan kerusakan ekosistem seperti hutan dan lahan basah, serta pencemaran air dan tanah akibat tumpahan minyak atau limbah kimia. Penggunaan minyak bumi juga berkontribusi pada emisi gas rumah kaca.


15. Apa dampak penurunan lapisan ozon terhadap sumber daya alam dan manusia?

Jawaban: 
Penurunan lapisan ozon dapat meningkatkan paparan radiasi ultraviolet B (UV-B) dari matahari, yang dapat merusak organisme akuatik, tanaman, dan kulit manusia. Ini juga dapat mempengaruhi pola cuaca dan ekosistem darat serta laut.