Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal dan Jawaban Mengenai Pancasila

Soal (Esai) Pancasila


1. Tuliskan pasal yang mengatur tentang Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum ?

Jawaban:
Pasal 2 UU No.10 tahun 2004 tentang pembentukan perundang-undangan yang menyatakan “Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara”.


2. Di sumber hukum mana saja Pancasila tercantum?

Jawaban:
Pancasila tercantum dalam ketentuan tertinggi yaitu Pembukaan UUD 1945, kemudian dijelmakan atau dijabarkan lebih lanjut dalam pokok-pokok pikiran, yang meliputi suasana kebatinan dari UUD 1945, yang pada akhirnya dikongkritisasikan atau dijabarkan dari UUD1945, serta hukum positif lainnya.


3. Apa hubungan HAM dengan Pancasila sila ke-1 dan sila ke-2?

Jawaban:
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa HAM adalah hak-hak yang dasar yang melekat pada manusia sejak lahir yang diberikan oleh oleh Tuhan yang ada kaitanya dengan sila ke-1 yang berisi tentang setiap manusia yang lahir memiliki hak/kebebasan dalam beragama/menganut agama tertentu yang tercantum dalam undang-undang, seperti Islam, Protestan, Katholik, Hindu dan Budha, sila ke-2 yang berisi tentang manusia memiliki hak untuk mendapatkan keadilan dalam berbagai bidang seperti hukum, pendidikan dan kesehatan


4. Apa hubungan HAM dengan Pancasila sila ke-3?

Jawaban:
Sila ke-3 yang berisi tentang setiap manusia berhak untuk merasakan kedamaian, kenyamanan, keamanan dan ketertiban atau tidak adanya perseteruan. Dan juga mengamanatkan adanya unsur pemersatu diantara warga Negara dengan semangat rela berkorban dan menempatkan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi atau golongan, hal ini sesuai dengan prinsip HAM dimana hendaknya sesama manusia bergaul satu sama lainnya dalam semangat persaudaraan.


5. Apa hubungan HAM dengan Pancasila sila ke-4?

Jawaban:
Sila ke-4 berisi tentang kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan dicerminkan dalam kehidupan pemerintahan, bernegara, dan bermasyarakat yang demokratis. Menghargai hak setiap warga negara untuk bermusyawarah mufakat yang dilakukan tanpa adanya tekanan, paksaan, ataupun intervensi yang membelenggu hak-hak partisipasi masyarakat.


6. Apa implikasi dari penerapan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia terhadap hubungan internasional?

Jawaban: 
Implikasi dari penerapan Pancasila adalah komitmen Indonesia untuk berkomunikasi dengan negara-negara lain dengan mengutamakan perdamaian, kerjasama, dan menghormati prinsip-prinsip hak asasi manusia.


7. Jelaskan peran sila-sila Pancasila dalam membangun karakter bangsa yang kuat!

Jawaban: 
Sila-sila Pancasila membentuk fondasi karakter bangsa yang kuat dengan mengajarkan nilai-nilai kejujuran, keadilan, persatuan, dan gotong-royong.


8. Bagaimana Pancasila menjadi pandangan hidup bagi masyarakat Indonesia?

Jawaban: 
Pancasila menjadi pandangan hidup karena mengandung nilai-nilai luhur dan norma-norma yang membimbing perilaku masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.


9. Mengapa peran keluarga sangat penting dalam mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda?

Jawaban: 
Keluarga menjadi lembaga pertama yang membentuk karakter anak, sehingga pengenalan nilai-nilai Pancasila dari keluarga sangat penting untuk membentuk generasi muda yang berkarakter.


10. Bagaimana cara generasi muda dapat mendukung implementasi Pancasila di era modern ini?

Jawaban: 
Generasi muda dapat mendukung implementasi Pancasila dengan menjadi agen perubahan positif dalam lingkungan sekitar, memahami nilai-nilai Pancasila, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


11. Mengapa kita meyakini kebenaran makna pancasila?

Jawaban:
Pancasila adalah falsafah negara yang hadir di indonesia melalui proses perjuangan yang panjang, mulai dari perjuangan melawan belanda sampai melawan jepang waktu itu.


12. Sila Pancasila yang mana yang menjadi sumber nilai kehidupan bagi bangsa Indonesia?

Jawaban:
Sila ke-5 dalam panasila sebagai dasar dan tujuan negara Indonesia, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia Yang Adil dan Makmur secara lahiriah ataupun batiniah.


13. Jelaskan faktor-faktor pendorong Pancasila sebagai ideologi terbuka!

Jawaban:
Faktor-faktor pendorong Pancasila sebagai ideologi terbuka
a. Adanya kenyataan bahwa dalam proses pembangunan nasional dan dinamika masyarakat yang berkembang secara cepat.
b Adanya realita menunjukkan bahwa bangkrutnya ideologi yg tertutup dan beku, cenderung meredupkan perkembangan dirinya.
c. Pengalaman sejarah politik kita di masa lampau. (RIS)


14 Sampai sejauh manakah keterbukaan ideologi Pancasila? Jelaskan!

Jawaban:
Keterbukaan ideologi pancasila ada batas-batasnya yang tidak boleh dilanggar, yaitu:
a. Stabilitas nasional yang dinamis
b. Larangan terhadap pandangan ekstrim yang menggelisahkan kehidupan masyarakat.
c. Penciptaan norma yang baru harus melalui konsensus.