Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal dan Jawaban Mengenai Bola Voli

Soal (Esai) Bola Voli

1. Apa yang dimaksud dengan "setter dump" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Setter dump" adalah aksi ketika setter tiba-tiba memutuskan untuk melakukan "dump shot" dengan tangan terbuka sendiri, mengirim bola ke lapangan lawan.


2. Bagaimana cara melakukan teknik "dink" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
Teknik "dink" melibatkan pemain yang dengan lembut menempatkan bola di lapangan lawan dengan tangan terbuka, seringkali untuk menghindari blok pemain lawan.


3. Jelaskan konsep "serve and block" dalam permainan bola voli.

Jawaban: 
"Serve and block" adalah strategi di mana tim berusaha untuk melakukan servis yang sulit diantisipasi, diikuti dengan mempersiapkan pemain di depan net untuk melakukan blok terhadap serangan lawan.


4. Apa yang dimaksud dengan "targeting" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Targeting" adalah strategi pemain serang yang berusaha mengarahkan serangan bola ke area lapangan lawan yang dianggap lemah atau tidak dijaga dengan baik.


5. Jelaskan teknik "crossing the net" dalam permainan bola voli.

Jawaban: 
"Crossing the net" adalah tindakan pemain yang mencoba mengambil bola dari sisi lawan net dengan mengulurkan lengan di atas net, asalkan tidak mengganggu pemain lawan atau net.


6. Apa yang dimaksud dengan "digging a tip" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Digging a tip" adalah tindakan menggali bola yang dilakukan oleh pemain bertahan ketika lawan melakukan "tip" atau "dink", untuk menghindarkan bola jatuh di lapangan mereka.


7. Bagaimana cara melakukan "cross-court attack" dengan efektif dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
Untuk melakukan "cross-court attack" dengan efektif, pemain harus fokus pada teknik pukulan yang tepat, arah serangan yang diagonal melintasi lapangan lawan, dan memanfaatkan kecepatan bola.


8. Jelaskan peran "captain" dalam tim bola voli.

Jawaban: 
"Captain" adalah pemimpin tim yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan pemain selama pertandingan, berkomunikasi dengan wasit, serta memberikan inspirasi dan motivasi kepada rekan setim.


9. Apa yang dimaksud dengan "service order" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Service order" adalah urutan pemain dalam tim yang bertugas melakukan servis pada setiap rotasi. Urutan ini harus diikuti dengan ketat untuk menjaga aturan permainan.


10. Bagaimana cara mengatasi "net serve" dalam permainan bola voli?

Jawaban:
 "Net serve" terjadi ketika servis pemain mengenai net saat dilakukan. Untuk mengatasi ini, pemain perlu mengatur ulang servis mereka dengan lebih baik, mengubah sudut pukulan, atau mengatur tenaga.


11. Jelaskan teknik "jump serve" dalam permainan bola voli.

Jawaban: 
"Jump serve" adalah servis yang dilakukan dengan melompat sebelum memukul bola, memberikan lebih banyak daya dan kecepatan pada servis untuk membuatnya sulit diantisipasi oleh lawan.


12. Apa yang dimaksud dengan "foot fault" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Foot fault" adalah pelanggaran yang terjadi ketika pemain yang melakukan servis menginjak garis servis atau melangkah di atas garis sebelum bola meninggalkan tangannya, yang dianggap sebagai pelanggaran aturan servis.