Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal dan Jawaban Mengenai Hukum Acara Perdata

Soal (Esai) Hukum Acara Perdata

1. Bagaimana tata cara pelaksanaan putusan pengadilan perdata yang memerintahkan pembayaran uang pengganti kerugian moral?

Jawaban: 
Tata cara pelaksanaan putusan pengadilan perdata yang memerintahkan pembayaran uang pengganti kerugian moral meliputi pembayaran uang pengganti oleh pihak yang kalah gugatan kepada pihak yang menang gugatan.


2. Apa yang dimaksud dengan upaya hukum kasasi derden dalam Hukum Acara Perdata?

Jawaban: 
Upaya hukum kasasi derden dalam Hukum Acara Perdata adalah upaya hukum yang dilakukan oleh pihak ketiga yang merasa dirugikan dengan suatu putusan yang telah berkekuatan hukum tetap untuk mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung.


3. Bagaimana proses pelaksanaan putusan pengadilan perdata yang memerintahkan pemindahan hak atas suatu benda?

Jawaban: 
Proses pelaksanaan putusan pengadilan perdata yang memerintahkan pemindahan hak atas suatu benda meliputi pembuatan akta pemindahan hak oleh notaris, pendaftaran akta pemindahan hak, dan penyerahan benda kepada pihak yang berhak.


4. Apa yang dimaksud dengan upaya hukum memori kasasi dalam Hukum Acara Perdata?

Jawaban: 
Upaya hukum memori kasasi dalam Hukum Acara Perdata adalah upaya hukum yang dilakukan oleh pihak yang merasa dirugikan dengan suatu putusan yang telah berkekuatan hukum tetap untuk mengajukan memori kasasi ke Mahkamah Agung.


5. Bagaimana tata cara pelaksanaan putusan pengadilan perdata yang memerintahkan penghentian suatu perbuatan?

Jawaban: 
Tata cara pelaksanaan putusan pengadilan perdata yang memerintahkan penghentian suatu perbuatan meliputi pemberian perintah kepada pihak yang melakukan perbuatan tersebut untuk menghentikan perbuatan tersebut dan tindakan eksekusi jika perintah tersebut tidak dipatuhi.


6. Apa yang dimaksud dengan upaya hukum sela dalam Hukum Acara Perdata?

Jawaban: 
Upaya hukum sela dalam Hukum Acara Perdata adalah upaya hukum yang diajukan oleh pihak yang merasa dirugikan dengan suatu putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap untuk melengkapi atau mengoreksi putusan tersebut.


7. Bagaimana proses penyelesaian sengketa melalui arbitrase internasional dalam Hukum Acara Perdata?

Jawaban: 
Proses penyelesaian sengketa melalui arbitrase internasional dalam Hukum Acara Perdata melibatkan pihak-pihak yang berasal dari negara-negara yang berbeda untuk menyelesaikan sengketa mereka melalui proses arbitrase di bawah hukum internasional.


8. Apa yang menjadi dasar hukum untuk mengajukan permohonan revisi dalam Hukum Acara Perdata?

Jawaban: 
Dasar hukum untuk mengajukan permohonan revisi dalam Hukum Acara Perdata adalah Pasal 180 HIR dan Pasal 397 RBg.


9. Bagaimana proses mediasi diatur dalam Hukum Acara Perdata?

Jawaban: 
Proses mediasi diatur dalam Hukum Acara Perdata melalui Pasal 124 HIR dan Pasal 171 RBg yang memberikan ketentuan tentang prosedur mediasi, kewenangan mediator, dan efek mediasi terhadap putusan pengadilan.


10. Apa yang dimaksud dengan upaya hukum memori kasasi derden dalam Hukum Acara Perdata?

Jawaban: 
Upaya hukum memori kasasi derden dalam Hukum Acara Perdata adalah upaya hukum yang dilakukan oleh pihak ketiga yang merasa dirugikan dengan suatu putusan yang telah berkekuatan hukum tetap untuk mengajukan memori kasasi derden ke Mahkamah Agung.


11. Bagaimana proses penyampaian keterangan ahli dalam persidangan perdata?

Jawaban: 
Proses penyampaian keterangan ahli dalam persidangan perdata meliputi pemeriksaan langsung oleh hakim, pemeriksaan oleh pengacara, dan pemeriksaan silang oleh pihak lawan.


12. Apa yang dimaksud dengan upaya hukum restitusi dalam Hukum Acara Perdata?

Jawaban: 
Upaya hukum restitusi dalam Hukum Acara Perdata adalah upaya hukum yang dilakukan oleh pihak yang merasa dirugikan dengan suatu putusan yang telah berkekuatan hukum tetap untuk mengajukan permohonan restitusi ke pengadilan yang memutus perkara.


13. Bagaimana tata cara pelaksanaan putusan pengadilan perdata yang memerintahkan pemberian uang pengganti kerugian materiil?

Jawaban: 
Tata cara pelaksanaan putusan pengadilan perdata yang memerintahkan pemberian uang pengganti kerugian materiil meliputi pembayaran uang pengganti oleh pihak yang kalah gugatan kepada pihak yang menang gugatan.


14. Bagaimana proses pelaksanaan putusan pengadilan perdata yang memerintahkan penghentian pelaksanaan perjanjian?

Jawaban: 
Proses pelaksanaan putusan pengadilan perdata yang memerintahkan penghentian pelaksanaan perjanjian meliputi pemberian perintah kepada pihak yang melakukan pelaksanaan perjanjian untuk menghentikan pelaksanaan perjanjian tersebut dan tindakan eksekusi jika perintah tersebut tidak dipatuhi.