Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal + Jawaban Mengenai Wilayah dan Perwilayahan

Soal (Esai) Wilayah dan Perwilayahan

1. Apa yang dimaksud dengan wilayah metropolitan terintegrasi dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah metropolitan terintegrasi adalah gabungan beberapa kota besar yang saling terhubung secara ekonomi dan sosial, membentuk suatu wilayah metropolitan yang besar dan padat penduduk. Contoh wilayah metropolitan terintegrasi antara lain Greater Tokyo Area di Jepang, Greater London di Inggris, dan Greater New York di Amerika Serikat.


2. Jelaskan peran teknologi informasi dan komunikasi dalam mempengaruhi perwilayahan perkotaan.

Jawaban:
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mempengaruhi perwilayahan perkotaan melalui kemajuan dalam transportasi, komunikasi, dan koneksi internet. Hal ini memungkinkan pertumbuhan kawasan perkotaan yang lebih terintegrasi, mobilitas penduduk yang lebih mudah, dan mendorong pengembangan sektor ekonomi berbasis teknologi.


3. Apa yang dimaksud dengan wilayah strategis dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah strategis adalah wilayah yang memiliki kepentingan strategis bagi suatu negara atau kelompok, baik dari segi pertahanan, ekonomi, atau geopolitik. Contoh wilayah strategis adalah Selat Malaka, Teluk Persia, dan Selat Hormuz.


4. Jelaskan pengertian wilayah kepulauan dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah kepulauan adalah wilayah yang terdiri dari sejumlah pulau yang saling berdekatan. Contoh wilayah kepulauan antara lain Indonesia, Filipina, dan Kepulauan Karibia.


5. Apa yang dimaksud dengan pembangunan wilayah berbasis masyarakat?

Jawaban:
Pembangunan wilayah berbasis masyarakat adalah pendekatan pembangunan yang melibatkan partisipasi aktif penduduk setempat dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan untuk mengidentifikasi masalah, menentukan kebutuhan, dan merumuskan rencana pembangunan yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat.


6. Jelaskan konsep "perencanaan wilayah" dan sebutkan tujuan utamanya.

Jawaban:
"Perencanaan wilayah" adalah proses merencanakan penggunaan lahan dan pengembangan wilayah untuk mencapai tujuan tertentu, seperti mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, mengurangi konflik penggunaan lahan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.


7. Apa yang dimaksud dengan wilayah berpendidikan dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah berpendidikan adalah area yang memiliki konsentrasi lembaga pendidikan atau pusat kegiatan pendidikan lainnya. Contoh wilayah berpendidikan antara lain Cambridge di Inggris (dengan Universitas Cambridge), Boston di Amerika Serikat (dengan banyak perguruan tinggi dan universitas), dan Leuven di Belgia (dengan Katholieke Universiteit Leuven).


8. Jelaskan perbedaan antara wilayah kawasan industri dan wilayah ekonomi kreatif.

Jawaban:
Wilayah kawasan industri adalah wilayah yang berfokus pada kegiatan manufaktur dan industri berat, sementara wilayah ekonomi kreatif adalah wilayah yang berfokus pada industri kreatif dan kreativitas, seperti seni, desain, teknologi informasi, dan media.


9. Apa yang dimaksud dengan wilayah eklektik dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah eklektik adalah wilayah yang memiliki campuran ciri-ciri dari berbagai wilayah lainnya, seringkali mencerminkan berbagai pengaruh dan budaya yang berbeda. Contoh wilayah eklektik antara lain Singapura dan New York City.


10. Jelaskan konsep "wilayah bantaran sungai" dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
"Wilayah bantaran sungai" adalah area di sekitar sungai yang seringkali menjadi pusat kegiatan perkotaan karena akses air yang baik untuk transportasi dan sumber daya alam. Contoh wilayah bantaran sungai antara lain Sungai Thames di London, Sungai Seine di Paris, dan Sungai Mississippi di Amerika Serikat.


11. Apa yang dimaksud dengan wilayah perbatasan dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah perbatasan adalah area di sepanjang garis perbatasan antara dua negara atau wilayah administratif. Contoh wilayah perbatasan antara lain perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada, perbatasan antara India dan Pakistan di Kashmir, dan perbatasan antara Spanyol dan Portugal.


12. Jelaskan pengertian wilayah etnis dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah etnis adalah area di mana kelompok etnis tertentu memiliki kehadiran atau mayoritas penduduknya. Contoh wilayah etnis antara lain Wilayah Tibet di Tiongkok, Pulau Jawa di Indonesia, dan Wilayah Basque di Spanyol dan Prancis.


13. Apa yang dimaksud dengan wilayah lindung dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah lindung adalah area yang dilindungi oleh pemerintah atau lembaga lingkungan untuk menjaga keanekaragaman hayati, ekosistem, atau sumber daya alam tertentu. Contoh wilayah lindung antara lain Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat, Taman Nasional Raja Ampat di Indonesia, dan Taman Nasional Serengeti di Tanzania.


14. Jelaskan konsep "urbanisme" dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
"Urbanisme" adalah ilmu dan praktik perencanaan dan pengembangan kota yang berfokus pada perancangan ruang kota, penggunaan lahan, dan infrastruktur perkotaan. Contoh urbanisme antara lain pembangunan taman kota, penataan kawasan bisnis, dan pengembangan transportasi massal.


15. Apa yang dimaksud dengan wilayah tundra dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah tundra adalah daerah yang sangat dingin di wilayah kutub utara dan wilayah dataran tinggi yang memiliki musim tanam yang pendek. Contoh wilayah tundra antara lain Tundra Siberia di Rusia dan Tundra Barren di Kanada.


16. Jelaskan perbedaan antara wilayah autonomi dan wilayah otonom.

Jawaban:
Wilayah autonomi adalah wilayah yang memiliki otonomi atau kebebasan tertentu dalam mengatur urusan internalnya, seperti kebudayaan, bahasa, atau pemerintahan, namun tetap berada di bawah yurisdiksi negara yang lebih besar. Sedangkan wilayah otonom adalah wilayah yang memiliki otonomi penuh dan terpisah secara hukum dari wilayah induknya.


17. Apa yang dimaksud dengan wilayah retak dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah retak adalah wilayah yang terbentuk oleh retakan atau celah di kerak bumi, yang seringkali disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik. Contoh wilayah retak antara lain Great Rift Valley di Afrika dan Mariana Trench di Samudra Pasifik.