Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal + Jawaban Mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Soal (Esai) Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

1. Bagaimana tumbuhan beradaptasi dengan lingkungan kering atau gurun?

Jawaban:
Tumbuhan yang hidup di lingkungan kering atau gurun beradaptasi dengan memiliki akar yang panjang untuk mencari air dalam tanah yang dalam, daun tebal atau berbulu untuk mengurangi penguapan, dan stomata yang terbuka pada malam hari untuk menghindari kehilangan air.


2. Apa yang dimaksud dengan dormansi benih? Bagaimana dormansi ini dapat diatasi untuk memicu perkecambahan benih?

Jawaban:
Dormansi biji adalah keadaan ketika benih tidak berkecambah meskipun kondisi lingkungan mendukung. Dormansi dapat diatasi dengan merendam benih dalam air atau perebusan untuk memecah lapisan pelindung dan memicu perkecambahan.


3. Jelaskan peran sitokinin dalam pembentukan bunga pada tumbuhan.

Jawaban:
Sitokinin berperan dalam merangsang pembentukan bunga pada tumbuhan dengan mempengaruhi pembelahan sel dan perkembangan organ bunga.


4. Bagaimana fotoperiodisme mempengaruhi proses berbunga pada tumbuhan?

Jawaban:
Fotoperiodisme mempengaruhi proses berbunga pada tumbuhan dengan mengatur waktu dan durasi peristiwa berbunga berdasarkan perubahan durasi cahaya dan kegelapan dalam siklus harian atau tahunan.


5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tigmotropisme pada tumbuhan. Berikan contoh tumbuhan yang menunjukkan tigmotropisme.

Jawaban:
Tigmotropisme adalah respons pertumbuhan tumbuhan terhadap sentuhan fisik atau rangsangan mekanis. Contohnya adalah tunas bunga kacang ercis yang merambat dengan melilit pada penyangga atau pagar.


6. Apa yang menyebabkan gerak taktis pada tumbuhan merambat?

Jawaban:
Gerak taktis pada tumbuhan merambat disebabkan oleh adanya gigitan dari hewan atau rintangan lain yang merangsang perubahan pertumbuhan tumbuhan untuk merespons rangsangan tersebut.


7. Apa yang dimaksud dengan fotomorfogenesis pada tumbuhan?

Jawaban:
Fotomorfogenesis adalah respons pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan terhadap cahaya. Ini mencakup perubahan bentuk dan struktur tumbuhan sebagai tanggapan terhadap cahaya.


8.Jelaskan apa yang dimaksud dengan kurva pertumbuhan tumbuhan.

Jawaban:
Kurva pertumbuhan tumbuhan menggambarkan tingkat pertumbuhan tumbuhan dari waktu ke waktu. Biasanya, kurva ini memiliki tiga fase: fase pertumbuhan lambat, fase pertumbuhan cepat, dan fase pertumbuhan konstan.


9. Di daerah diferensiasi terdapat tiga sistem jaringan yang dihasilkan dari sel-sel meristem. Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:
Daerah diferensiasi, yaitu daerah yang sel-selnya akan berdiferensiasi membentuk lapisan-lapisan jaringan penyusun akar, seperti epidermis, bulu akar, korteks, dan jaringan pembuluh(stele).


10. Titik tumbuh pertumbuhan primer dibagi menjadi 3, tuliskan!

Jawaban:
1) Daerah pembelahan sel, ada di bagian ujung akar dan ujung batang. Sel-sel di daerah ini aktif membelah (bersifat meristematik).
2) Daerah perpanjangan sel, terletak di belakang daerah pembelahan. Sel-sel di daerah ini mempunyai kemampuan untuk membesar dan memanjang.
3) Daerah diferensiasi sel, merupakan daerah yang sel-selnya berdiferensiasi menjadi sel-sel yang mempunyai fungsi dan struktur khusus.


11. Jelaskan apa yang menyebabkan gerak nasti pada tumbuhan. Berikan contoh gerak nasti yang terjadi.

Jawaban:
Gerak nasti pada tumbuhan dipicu oleh rangsangan eksternal, seperti sentuhan atau perubahan cahaya. Contohnya adalah gerak kelopak bunga matahari yang mengikuti arah pergerakan matahari.