Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal dan Jawaban Mengenai Perkembangbiakan Makhluk Hidup + Kunci Jawaban

Soal (Esai) Perkembangbiakan Makhluk Hidup

1. Bagaimana reproduksi pada hewan vertebrata ovovivipar? Jelaskan tahapan dari pembuahan hingga kelahiran.

Jawaban: 
Pada hewan vertebrata ovovivipar, betina menghasilkan telur yang tetap berada dalam tubuhnya, dan embrio berkembang di dalam telur tersebut. Setelah embrio berkembang menjadi janin yang lebih besar, betina melahirkan anak yang sudah berkembang lebih lanjut. Proses ini menunjukkan bahwa embrio mendapatkan nutrisi dari telur di dalam tubuh betina.


2. Jelaskan perbedaan antara oogenesis dan spermatogenesis. Bagaimana proses ini berlangsung pada manusia?

Jawaban: 
Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur (ovum) pada betina, sedangkan spermatogenesis adalah proses pembentukan sperma pada jantan. Pada oogenesis, hanya satu sel telur matang yang dihasilkan dari satu sel induk. Pada spermatogenesis, satu sel induk menghasilkan empat sperma. Pada manusia, oogenesis dimulai sejak masa janin dalam ovarium, sedangkan spermatogenesis dimulai setelah masa pubertas dalam testis.


3. Bagaimana pola reproduksi pada hewan sosial seperti lebah? Jelaskan peran ratu, pekerja, dan jantan dalam koloni lebah.

Jawaban: 
Hewan sosial seperti lebah memiliki sistem reproduksi yang terbagi. Ratu (betina dominan) bertugas menghasilkan telur dan menjadi induk koloni. Pekerja (betina steril) mengurus koloni dan mencari makanan. Jantan (lebah jantan) dihasilkan oleh ratu untuk tujuan perkawinan dengan ratu dari koloni lain. Setelah perkawinan, jantan mati.


4. Apa yang dimaksud dengan gemmule dalam reproduksi spons? Bagaimana proses ini berlangsung?

Jawaban: 
Gemmule adalah struktur bertahan yang dihasilkan oleh spons dalam kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan. Gemmule terdiri dari sel-sel reproduksi yang dilindungi oleh lapisan silika atau spongin. Ketika kondisi membaik, gemmule dapat tumbuh menjadi individu spons yang baru.


5. Jelaskan fenomena reproduksi partenogenesis pada serangga. Mengapa fenomena ini lebih umum pada serangga daripada vertebrata?

Jawaban: 
Partenogenesis pada serangga adalah proses reproduksi aseksual di mana telur yang tidak dibuahi menghasilkan individu baru. Fenomena ini lebih umum pada serangga karena mereka memiliki kemampuan untuk mengaktifkan telur yang tidak dibuahi melalui stimulus lingkungan atau mekanisme internal. Di samping itu, serangga sering menghadapi kondisi lingkungan yang lebih fluktuatif dan kurangnya mitra yang tersedia untuk perkawinan, sehingga partenogenesis lebih menguntungkan bagi reproduksi mereka.


6. Bagaimana proses reproduksi pada hewan vertebrata ovulovivipar? Jelaskan tahapan dari pembuahan hingga kelahiran.

Jawaban: 
Pada hewan vertebrata ovulovivipar, betina menghasilkan telur yang tetap dalam tubuhnya sampai telur menetas menjadi embrio. Embrio mendapatkan nutrisi dari kuning telur atau dari sejenis cairan dalam tubuh betina. Setelah telur menetas dan menjadi embrio yang lebih besar, betina melahirkan anak yang sudah lebih berkembang dalam fase yang lebih dekat dengan kelahiran.


7. Apa yang dimaksud dengan reproduksi regeneratif? Berikan contoh hewan yang mampu meregenerasi anggota tubuhnya.

Jawaban: 
Reproduksi regeneratif adalah kemampuan makhluk hidup untuk meregenerasi atau memperbaharui anggota tubuh yang hilang atau rusak. Contoh hewan yang mampu meregenerasi adalah cacing planaria yang dapat meregenerasi tubuh lengkapnya dari sepotong yang lebih kecil.


8. Jelaskan konsep endoparasit dan ektoparasit. Berikan contoh makhluk hidup yang masing-masing bertindak sebagai endoparasit dan ektoparasit.

Jawaban: 
Endoparasit adalah organisme parasit yang hidup di dalam tubuh inangnya, seperti cacing pita dalam saluran pencernaan manusia. Ektoparasit adalah organisme parasit yang hidup di permukaan tubuh inangnya, seperti kutu pada hewan mamalia.


9. Bagaimana reproduksi pada hewan invertebrata seperti spons? Jelaskan prosesnya.

Jawaban: 
Hewan invertebrata seperti spons mengalami reproduksi aseksual melalui gemmule atau tunas. Gemmule adalah kumpulan sel-sel reproduksi yang tahan terhadap kondisi buruk dan kemudian tumbuh menjadi individu baru. Tunas adalah pertumbuhan yang tumbuh dari tubuh induk dan berkembang menjadi individu baru yang terpisah.


10. Apa yang dimaksud dengan mitosis biner? Bagaimana proses ini terjadi pada organisme uniseluler seperti bakteri?

Jawaban: 
Mitosis biner adalah proses pembelahan sel yang terjadi pada organisme uniseluler, seperti bakteri. Sel bakteri membelah menjadi dua sel anak yang identik dalam proses mitosis biner. Selama proses ini, DNA sel bakteri direplikasi, kemudian dua salinan DNA dipisahkan dan sel anakan terbentuk.


11. Jelaskan peran dari materi genetik dalam perkembangbiakan dan pewarisan sifat.

Jawaban: 
Materi genetik (DNA) mengandung informasi yang menentukan sifat-sifat individu. Dalam proses perkembangbiakan, materi genetik diturunkan dari generasi ke generasi melalui reproduksi. Pewarisan sifat terjadi karena ketika organisme berkembang biak, materi genetik diwariskan kepada keturunannya, sehingga sifat-sifat yang unik dan karakteristik tertentu dapat ditransmisikan.