Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal dan Jawaban mengenai Metabolisme

Soal (Esai) Metabolisme

1. Apa yang dimaksud dengan sindrom metabolisme?

Jawaban:
Sindrom metabolisme adalah kelompok faktor risiko terkait kardiovaskular dan diabetes tipe 2 yang termasuk obesitas, hipertensi, resistensi insulin, dan kadar lipid darah yang tinggi.


2. Bagaimana tubuh mengatur metabolisme saat berpuasa?

Jawaban:
Selama puasa, tubuh mengandalkan cadangan glikogen untuk mempertahankan kadar glukosa darah yang stabil dan mulai membongkar lemak untuk menghasilkan energi.


3. Jelaskan peran hormon epinefrin dalam mengatur metabolisme.

Jawaban:
Epinefrin, juga dikenal sebagai adrenalin, meningkatkan kadar gula darah dan tekanan darah, serta meningkatkan laju metabolisme untuk meningkatkan pasokan energi selama situasi stres atau aktivitas fisik yang intens.


4. Apa yang dimaksud dengan diet ketogenik?

Jawaban:
Diet ketogenik adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang dirancang untuk memicu ketosis, di mana tubuh menggunakan lemak sebagai sumber utama energi.


5. Bagaimana metabolisme alkohol berhubungan dengan kerusakan hati?

Jawaban:
Metabolisme alkohol menghasilkan produk sampingan beracun yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel hati dan menyebabkan penyakit hati seperti sirosis.


6. Jelaskan peran hormon insulin dalam metabolisme lipid.

Jawaban:
Insulin merangsang penyerapan dan penyimpanan lipid dalam sel, mengurangi kadar lemak dalam darah, dan menghambat proses lipolisis.


7. Bagaimana metabolisme berperan dalam pembentukan ATP?

Jawaban:
Metabolisme menghasilkan ATP melalui proses respirasi selular, di mana energi dari makanan diubah menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh sel.


8. Jelaskan bagaimana metabolisme protein terlibat dalam sintesis protein tubuh.

Jawaban:
Metabolisme protein menyediakan asam amino yang diperlukan untuk sintesis protein dalam sel.


9. Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca dalam konteks metabolisme?

Jawaban:
Efek rumah kaca adalah efek peningkatan suhu tubuh yang dihasilkan saat makanan diuraikan dan proses metabolisme berlangsung.


10. Bagaimana produksi hormon tiroid dipengaruhi oleh metabolisme?

Jawaban:
Produksi hormon tiroid dipengaruhi oleh tingkat aktivitas metabolisme tubuh; semakin tinggi laju metabolisme, semakin banyak hormon tiroid yang diproduksi.


11. Jelaskan bagaimana metabolisme berperan dalam pembentukan ATP melalui fosforilasi oksidatif.

Jawaban:
Metabolisme menghasilkan molekul pemindah energi (NADH dan FADH2) yang digunakan dalam fosforilasi oksidatif untuk menghasilkan ATP.


12. Apa peran hormon kortisol dalam mengatur metabolisme?

Jawaban:
Hormon kortisol meningkatkan produksi glukosa dalam hati dan merangsang pemecahan protein menjadi asam amino untuk menghasilkan glukosa selama situasi stres atau puasa.


13. Jelaskan peran hormon hormon pertumbuhan (growth hormone) dalam metabolisme.

Jawaban:
Hormon pertumbuhan meningkatkan laju metabolisme dan membantu dalam proses sintesis protein serta penggunaan lemak sebagai sumber energi.


14. Bagaimana metabolisme berperan dalam produksi energi selama aktivitas fisik?

Jawaban:
Selama aktivitas fisik, metabolisme meningkat untuk menghasilkan lebih banyak energi yang dibutuhkan oleh otot untuk bergerak, dengan menghasilkan ATP dari molekul-molekul makanan yang dipecah.