Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

19 Soal dan Jawaban Mengenai Protista

Soal (Esai) Protista

1. Apa yang dimaksud dengan radiolaria dan sebutkan karakteristiknya.

Jawaban: 
Radiolaria adalah kelompok protista yang umumnya hidup di laut. Mereka memiliki kerang yang terbuat dari silika yang rumit dan sering kali memiliki struktur yang sangat indah dan beragam.


2. Bagaimana Radiolaria berperan dalam pembentukan lapisan batuan?

Jawaban: 
Setelah mati, kerang silika dari Radiolaria juga dapat mengendap di dasar laut dan membentuk lapisan batuan yang disebut chert.


3. Apa yang dimaksud dengan klorarachniophytes?

Jawaban: 
Klorarachniophytes adalah kelompok protista unik yang menggabungkan ciri-ciri alga hijau dengan sifat-sifat dinoflagellata. Mereka memiliki kloroplas yang diambil dari alga hijau yang dimakan oleh nenek moyang mereka.


4. Bagaimana klorarachniophytes memperoleh kloroplas?

Jawaban: 
Klorarachniophytes memperoleh kloroplas dengan menelan alga hijau yang kemudian berkembang menjadi kloroplas di dalam sel mereka.


5. Apa yang dimaksud dengan apicomplexa dan sebutkan contohnya.

Jawaban: 
Apicomplexa adalah kelompok protozoa parasit yang memiliki kompleks apikal yang digunakan untuk menembus sel inangnya. Contoh-contohnya termasuk Plasmodium (penyebab malaria) dan Toxoplasma gondii (penyebab toksoplasmosis).


6. Bagaimana Plasmodium menyebar dan menyebabkan malaria?

Jawaban: 
Plasmodium menyebar melalui gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi. Parasit ini kemudian masuk ke dalam tubuh manusia dan menginfeksi sel darah merah, menyebabkan gejala malaria seperti demam, menggigil, dan kelelahan.


7. Apa yang dimaksud dengan sporozoit dan bagaimana peranannya dalam siklus hidup Plasmodium?

Jawaban: 
Sporozoit adalah bentuk infektif Plasmodium yang dihasilkan dalam tubuh nyamuk vektor Anopheles. Mereka disuntikkan ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk dan kemudian menyerang hati manusia, memulai tahap awal dari siklus hidup Plasmodium dalam tubuh manusia.


8. Bagaimana Toxoplasma gondii menular kepada manusia dan apa dampaknya?

Jawaban: 
Toxoplasma gondii biasanya menular melalui kontak dengan tinja kucing yang terinfeksi atau melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi. Infeksi pada manusia biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat menyebabkan komplikasi serius pada individu yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, seperti bayi yang belum lahir atau orang dengan HIV/AIDS.


9. Apa pentingnya mempelajari protista dalam ilmu biologi?

Jawaban: 
Studi tentang protista penting karena mereka merupakan bagian penting dari ekosistem, baik sebagai produsen makanan, konsumen, atau sebagai parasit yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Selain itu, protista juga menjadi subjek penelitian dalam evolusi, biologi sel, dan bidang-bidang ilmu biologi lainnya.


10. Mengapa protista dianggap sebagai kelompok yang sangat beragam?

Jawaban: 
Protista dianggap sangat beragam karena mereka mencakup berbagai jenis organisme uniselular dan multiselular dengan struktur dan fungsi yang bervariasi. Mereka dapat ditemukan di berbagai habitat, memiliki mode nutrisi yang berbeda, dan memiliki berbagai siklus hidup.


11. Jelaskan peran protista dalam siklus karbon di alam.

Jawaban: 
Protista berperan penting dalam siklus karbon di alam melalui proses fotosintesis dan respirasi. Protista fotosintetik mengambil karbon dioksida dari atmosfer dan menggunakan energi matahari untuk mengubahnya menjadi karbohidrat, sehingga mengurangi jumlah karbon dioksida di atmosfer. Sementara itu, protista heterotrof mengkonsumsi materi organik dan melakukan respirasi, mengeluarkan karbon dioksida ke atmosfer.


12. Apa peran protista dalam keseimbangan ekosistem akuatik?

Jawaban: 
Protista berperan penting dalam keseimbangan ekosistem akuatik sebagai produsen makanan (misalnya fitoplankton), konsumen primer (misalnya zooplankton), dan sebagai bagian dari rantai makanan yang lebih kompleks. Mereka juga berperan dalam penyediaan oksigen melalui fotosintesis, serta dalam dekomposisi materi organik di lingkungan akuatik.


13. Mengapa protista dinilai penting dalam industri dan teknologi?

Jawaban: 
Protista memiliki berbagai potensi aplikasi dalam industri dan teknologi. Contohnya, beberapa jenis alga digunakan dalam produksi makanan (seperti spirulina), kosmetik, farmasi (misalnya dalam produksi antibiotik), dan sebagai sumber energi alternatif (misalnya dalam produksi biofuel). Selain itu, protista juga digunakan dalam penelitian ilmiah dan bioteknologi untuk mempelajari berbagai proses biologis dan mengembangkan teknologi baru.


14. Bagaimana protista dapat bertahan dalam lingkungan ekstrim?

Jawaban: 
Beberapa protista memiliki kemampuan untuk bertahan dalam lingkungan ekstrim, seperti suhu tinggi atau rendah, pH ekstrem, tekanan tinggi, atau konsentrasi garam yang tinggi. Mereka dapat melakukan ini melalui adaptasi fisiologis, seperti produksi pigmen pelindung atau enzim yang tahan terhadap kondisi ekstrim, atau melalui kemampuan membentuk kista atau spor untuk melindungi diri mereka sendiri dari kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan.


15. Apa perbedaan utama antara alga dan protozoa?

Jawaban: 
Perbedaan utama antara alga dan protozoa adalah dalam mode nutrisi mereka. Alga adalah protista autotrof yang melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan mereka sendiri, sementara protozoa adalah protista heterotrof yang memperoleh makanan dengan menangkap dan mengonsumsi partikel organik atau organisme lain.


16. Jelaskan siklus hidup yang kompleks pada beberapa protista.

Jawaban: 
Beberapa protista memiliki siklus hidup yang kompleks, yang melibatkan beberapa tahap yang berbeda dan sering kali melibatkan lebih dari satu inang atau lingkungan. Contohnya, Plasmodium, penyebab malaria, memiliki siklus hidup yang melibatkan nyamuk Anopheles sebagai vektor dan manusia sebagai inang utama, dengan beberapa tahap perkembangan di dalam tubuh kedua inang tersebut.


17. Bagaimana protista berperan dalam siklus nutrisi di ekosistem darat?

Jawaban: 
Protista berperan dalam siklus nutrisi di ekosistem darat sebagai produsen makanan (misalnya alga hijau di perairan tawar), pemangsa yang mengonsumsi bakteri atau organisme lain, dan dekomposer yang memecah materi organik menjadi bentuk yang dapat diserap oleh tanaman dan organisme lainnya.


18. Sebutkan dan jelaskan dua jenis gerakan yang dilakukan oleh protozoa.

Jawaban: 
Dua jenis gerakan yang dilakukan oleh protozoa adalah gerakan pseudopodia dan gerakan flagela/cilia. Gerakan pseudopodia terjadi ketika sel memperluas bagian depannya untuk membentuk pseudopodia (ekstensi sitoplasma yang bergerak), sementara gerakan flagela/cilia terjadi ketika sel menggunakan flagela atau rambut getar (cilium) untuk bergerak melalui air.


19. Apa yang dimaksud dengan mutualisme dan sebutkan contoh hubungan mutualisme yang melibatkan protista.

Jawaban: 
Mutualisme adalah hubungan simbiosis di mana kedua spesies yang terlibat mendapatkan manfaat dari hubungan tersebut. Contoh hubungan mutualisme yang melibatkan protista termasuk simbiosis mutualisme antara alga bersel tunggal dengan hewan invertebrata, di mana alga menyediakan makanan melalui fotosintesis dan hewan invertebrata menyediakan tempat tinggal dan nutrisi.