Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal dan Jawaban Mengenai Pragmatik

Soal (Esai) Pragmatik

1. Bagaimana teori relevansi Sperber dan Wilson berkontribusi pada pemahaman pragmatik sebuah tuturan?

Jawaban: 
Teori relevansi Sperber dan Wilson menyoroti bagaimana kita memilih interpretasi yang paling relevan dari informasi yang tersedia dalam konteks tertentu, yang penting dalam memahami pragmatik sebuah tuturan.


2. Jelaskan perbedaan antara tuturan representatif dan direktif.

Jawaban: 
Tuturan representatif adalah yang menyatakan fakta atau informasi, sementara tuturan direktif adalah yang menyuruh atau meminta seseorang melakukan sesuatu.


3. Bagaimana teori aktor-jaringan berkontribusi pada pemahaman pragmatik sebuah tuturan?

Jawaban: 
Teori aktor-jaringan menyoroti bagaimana jaringan sosial dan struktur kekuasaan memengaruhi pembentukan makna dan tindakan bahasa, yang merupakan aspek penting dalam analisis pragmatik.


4. Jelaskan bagaimana teori konversi berkontribusi pada pemahaman pragmatik sebuah tuturan.

Jawaban: 
Teori konversi menyoroti proses perubahan makna dari konteks non-verbal ke verbal dalam interaksi manusia, yang mempengaruhi pemahaman pragmatik sebuah tuturan.


5. Bagaimana tindakan bahasa dapat digunakan untuk mencapai tujuan komunikatif tertentu?

Jawaban: 
Tindakan bahasa, seperti meminta, memerintah, atau mengucapkan janji, digunakan untuk mencapai tujuan komunikatif tertentu, seperti meminta bantuan atau menegaskan pendapat.


6. Apa yang dimaksud dengan "koherensi" dalam konteks pragmatik?

Jawaban: 
Koherensi adalah keselarasan atau konsistensi makna antara bagian-bagian berbeda dari sebuah tuturan atau antara tuturan dan konteksnya.


7. Bagaimana konsep "kerangka pengetahuan" berhubungan dengan pragmatik?

Jawaban: 
Konsep kerangka pengetahuan merujuk pada pengetahuan bersama atau pengetahuan dunia yang digunakan dalam memahami dan menginterpretasikan makna dalam sebuah tuturan, yang merupakan aspek penting dalam pragmatik.


8. Apa yang dimaksud dengan "prinsip kerjasama" dalam pragmatik?

Jawaban: 
Prinsip kerjasama adalah asumsi bahwa pembicara dan pendengar cenderung bekerja sama dalam percakapan untuk mencapai tujuan bersama, kejelasan, dan relevansi.


9. Bagaimana konsep "teori aktor-jaringan" berhubungan dengan pragmatik?

Jawaban: 
Teori aktor-jaringan menyoroti peran jaringan sosial dan struktur kekuasaan dalam pembentukan makna dan tindakan bahasa, yang merupakan aspek penting dalam analisis pragmatik.


10. Jelaskan konsep "pragmatik universal" dalam kajian bahasa.

Jawaban: 
Pragmatik universal adalah konsep yang mengacu pada aspek-aspek pragmatik yang ditemukan di seluruh bahasa manusia, yang mencakup prinsip-prinsip komunikasi yang sama di berbagai budaya.


11. Bagaimana konsep "teori relevansi" berkontribusi pada pemahaman pragmatik sebuah tuturan?

Jawaban: 
Teori relevansi menyoroti bagaimana kita memilih interpretasi yang paling relevan dari informasi yang tersedia dalam konteks tertentu, yang merupakan aspek penting dalam memahami pragmatik sebuah tuturan.


12. Apa peran inferensi dalam memahami pragmatik sebuah tuturan?

Jawaban: 
Inferensi adalah proses mental di mana pendengar menarik kesimpulan atau mengisi kekosongan informasi berdasarkan konteks dan pengetahuan mereka, yang membantu dalam memahami makna pragmatik sebuah tuturan