Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal dan Jawaban Mengenai Perbandingan Administrasi Negara

Soal (Esai) Perbandingan Administrasi Negara

1. Lahirnya studi perbandingan dalam administrasi Negara didorong oleh?

Jawaban
Kebutuhan para ilmuwan maupun praktisi administrasi Negara yang ada di berbagai Negara di dunia. 


2. Jelaskan Metoda Perbandingan Administrasi Negara yang Berorientasi pada Pembangunan (Development Oriented)!

Jawaban: 
Metoda yang kedua menyatakan bahwa pusat perhatian dari studi perbandingan administrasi negara diarahkan pada proses/usaha pembangunan berbagai negara bangsa, terutama pada negara-negara yang relah lama berdiri dan merdeka yang dalam hal ini adalah negara-negara di belahan barat dunia yaitu di Eropa dan Amerika. Pada negara-negara tersebut dilakukan penglihatan/observasi secara langsung terhadap apa yang sudah dilakukan dalam pengalaman-pengalaman empiris berbagai negara bangsa terutama yang sudah lebih dahulu membangun. Secara lebih spesifik lagi dengan mempelajari faktor-faktor yang mendorong dan mendukung baik keberhasilan maupun kegagalan yang dialami pada program pembangunan di negara bangsa yang lebih maju. Pusat perhatian dari metoda ini pada usaha-usaha untuk menemukan dan mengenali (1) kondisi dan persyaratan yang dibutuhkan dalam usaha-usaha untuk mencapai tingkat kemajuan yang optimal, dan (2) kondisi yang menyertai atau mempengaruhi kemajuan atau tingkat perkembangan yang telah dicapai. Hasil dari pengamatan dan pembelajaran dengan Negara lain itu kemudian dipilih yang sekiranya sesuai dengan kondisi negara untuk dapat ditrapkan sesuai dengan situasi, kebutuhan dan kondisi dari negara-negara yang membutuhkannya. Metoda ini memberikan sumbangan yang besar terhadap perkembangan administrasi negara sebagai ilmu yaitu berkembangnya kajian administrasi pembangunan.


3. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara yang memiliki sistem birokrasi patronase dan sistem birokrasi meritokrasi.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan sistem birokrasi patronase didasarkan pada hubungan politik dan koneksi pribadi, sedangkan administrasi negara di negara dengan sistem birokrasi meritokrasi lebih didasarkan pada kemampuan dan prestasi individu.


4. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara yang mengalami konflik bersenjata dan negara yang stabil?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara yang mengalami konflik bersenjata mungkin terganggu dan fokus pada penyelesaian konflik, sedangkan administrasi negara di negara yang stabil cenderung lebih fokus pada pembangunan dan pelayanan publik.


5. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat pengelolaan risiko bencana tinggi dan tingkat pengelolaan risiko bencana rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat pengelolaan risiko bencana tinggi cenderung memiliki rencana mitigasi dan tanggap darurat yang efektif, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat pengelolaan risiko bencana rendah mungkin lebih rentan terhadap dampak bencana alam.


6. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat kebijakan publik inovatif tinggi dan tingkat kebijakan publik inovatif rendah.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat kebijakan publik inovatif tinggi cenderung mendorong inovasi dalam pengembangan kebijakan dan pelayanan publik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat kebijakan publik inovatif rendah mungkin mengalami keterbatasan dalam inovasi dan perubahan kebijakan.


7. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi masyarakat tinggi dan tingkat partisipasi masyarakat rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi masyarakat tinggi melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan pelayanan publik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi masyarakat rendah mungkin kurang melibatkan partisipasi publik dalam administrasi negara.


8. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di negara dengan tingkat keberlanjutan ekonomi tinggi dan tingkat keberlanjutan ekonomi rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat keberlanjutan ekonomi tinggi mungkin memiliki kebijakan dan program yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat keberlanjutan ekonomi rendah mungkin menghadapi tantangan dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.


9. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat adaptabilitas terhadap perubahan tinggi dan tingkat adaptabilitas terhadap perubahan rendah.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat adaptabilitas terhadap perubahan tinggi cenderung dapat menyesuaikan diri dengan perubahan sosial, ekonomi, dan politik yang cepat, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat adaptabilitas terhadap perubahan rendah mungkin menghadapi kesulitan dalam menghadapi perubahan dan inovasi.


10. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat transparansi keuangan tinggi dan tingkat transparansi keuangan rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat transparansi keuangan tinggi cenderung lebih terbuka dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan publik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat transparansi keuangan rendah mungkin menghadapi tantangan dalam pengelolaan keuangan yang transparan dan bebas dari korupsi.


11. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat penggunaan teknologi informasi tinggi dan tingkat penggunaan teknologi informasi rendah.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat penggunaan teknologi informasi tinggi dapat meningkatkan efisiensi administrasi dan pelayanan publik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat penggunaan teknologi informasi rendah mungkin mengalami keterbatasan dalam akses dan penggunaan teknologi informasi.