Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal dan Jawaban Mengenai Akuntansi Keuangan Menengah

Soal (Esai) Akuntansi Keuangan Menengah


1. Apa yang dimaksud dengan biaya overhead?

Jawaban: 
Biaya overhead adalah biaya tetap atau variabel yang tidak dapat secara langsung dikaitkan dengan produk atau layanan tertentu dan harus dialokasikan ke berbagai departemen atau produk.


2. Jelaskan perbedaan antara akuntansi komersial dan akuntansi non-profit.

Jawaban: 
Akuntansi komersial mencatat transaksi untuk tujuan mencari keuntungan, sedangkan akuntansi non-profit mencatat transaksi untuk tujuan amal atau pelayanan masyarakat tanpa tujuan mencari keuntungan.


3. Apa yang dimaksud dengan neraca terklasifikasi?

Jawaban: 
Neraca terklasifikasi adalah neraca yang membagi aset lancar, aset tetap, kewajiban lancar, dan kewajiban jangka panjang menjadi kelompok-kelompok yang lebih spesifik untuk memudahkan analisis.


4. Bagaimana cara menghitung rasio profitabilitas?

Jawaban: 
Rasio profitabilitas dapat dihitung dengan membagi laba bersih perusahaan dengan salah satu komponen laporan keuangan lainnya, seperti total pendapatan, total aset, atau modal sendiri.


5. Jelaskan perbedaan antara piutang usaha dan piutang wesel.

Jawaban: 
Piutang usaha adalah jumlah uang yang masih harus dibayar kepada perusahaan oleh pelanggan atas barang atau layanan yang diberikan, sedangkan piutang wesel adalah surat berharga yang menjanjikan pembayaran tertentu pada tanggal tertentu di masa depan.


6. Apa yang dimaksud dengan biaya per unit?

Jawaban: 
Biaya per unit adalah biaya total yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi satu unit produk atau menyediakan satu unit layanan.


7. Jelaskan perbedaan antara laporan keuangan dan laporan manajemen.

Jawaban: 
Laporan keuangan disusun untuk tujuan penyajian kepada pihak eksternal, seperti investor dan kreditor, sementara laporan manajemen disusun untuk tujuan pengambilan keputusan internal oleh manajemen perusahaan.


8. Apa yang dimaksud dengan persediaan dalam proses?

Jawaban: 
Persediaan dalam proses adalah persediaan yang sedang dalam proses produksi tetapi belum selesai, masih membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk menjadi produk jadi.


9. Bagaimana peran akuntansi dalam pengambilan keputusan manajerial?

Jawaban: 
Akuntansi menyediakan informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen untuk membuat keputusan strategis, operasional, dan taktis yang tepat.


10. Jelaskan perbedaan antara biaya tetap total dan biaya tetap per unit.

Jawaban: 
Biaya tetap total adalah jumlah biaya tetap yang harus dibayar perusahaan tanpa memperhatikan volume produksi atau penjualan, sedangkan biaya tetap per unit adalah biaya tetap yang dibagi dengan jumlah unit yang diproduksi atau dijual.


11. Apa yang dimaksud dengan biaya produktif?

Jawaban: 
Biaya produktif adalah biaya yang dapat diatribusikan secara langsung ke produksi barang atau layanan tertentu.


12. Jelaskan perbedaan antara metode penyusutan garis lurus dan metode penyusutan saldo menurun.

Jawaban: 
Metode penyusutan garis lurus mengalokasikan biaya depresiasi secara merata selama umur manfaat aset, sedangkan metode penyusutan saldo menurun mengalokasikan biaya depresiasi lebih banyak pada awal umur manfaat aset.


13. Apa yang dimaksud dengan saldo kas?

Jawaban: 
Saldo kas adalah jumlah uang tunai yang dimiliki perusahaan pada suatu titik waktu tertentu, termasuk uang tunai di bank dan uang tunai dalam kotak kas.


14. Jelaskan perbedaan antara biaya dan beban dalam akuntansi.

Jawaban: 
Biaya adalah pengeluaran yang terkait dengan produksi barang atau penyediaan layanan, sedangkan beban adalah pengeluaran yang terkait dengan operasi normal perusahaan yang tidak langsung terkait dengan produksi barang atau penyediaan layanan.